Total Tayangan Halaman

Minggu, 25 September 2011

Alternatif Obat Sariawan

sariawanSariawan adalah penyakit yang banyak diderita oleh banyak orang. Tak mengenal usia tua atau muda, laki-laki atau perempuan. Orang yang kena sariawan akan merasa terganggu, karena rasa sakit dan perih kerap kali terasa ketika akan makan minum. Akibatnya, makan dan minum pun mejadi terasa kurang nikmat.
     Ada banyak obat-obatan yang dijual dipasaran untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Dari yang murah hingga yang mahal hingga ada yang harus dengan resep dokter. Namun ada kalanya obat-obatan tersebut tidak dapat menyembuhkan sariawan yang diderita seseorang.
     Berikut ini saya kutip beberapa alternatif untuk obat sariawan yang diambil dari berbagai sumber:
1. Alpokat
Untuk mengobati sariawan dengan alpokat, lakukan caranya sebagai berikut: sediakan alpokat yang sudah masak, kerok isinya dan masukan ke dalam gelas. Tambahkan 2 sendok makan madu murni. Aduk hingga merata dan dimakan. Makanlah setiap hari hingga sembuh.
2. Daun Jambu Biji
Rebus 1 genggam daun jambu biji yang masih segar dan 1 jari kulit batangnya dalam 1 liter air. Biarkan mendidih beberapa saat. Saring air hasil rebusannya kemudian diminum. Minumlah 2 kali sehari.
3. Temu Kunci
Temu kunci (kunci= bahasa sunda) yang sudah bersih dikunyah dan ditelan. Atau irisan temu kunci dikunyah bersama pinang. selain untuk mengobati sariawan juga bisa menyembuhkan batuk kering.
4. Tomat
Bagi orang dewasa, kunyah tomat matang dan diusahakan menempel pada luka sariawannya (akan terasa sedikit perih). Untuk bayi dengan cara: tomat yang matang diseduh dengan air panas. Kemudian kupas kulitnya. Haluskan tomat tersebut (bisa menggunakan sendok). Kemudian saring dan diberi sedikit gula. Minumkan kepada anak.
5. Daun Sirih
Sediakan 1-2 lembar daun sisrih. Cusci hingga bersih. Kunyah hingga lumat. Biarkan dulu sebentar di dalam mulut yang terkena sariawan.
     Demikian beberapa alternatif untuk mengobati sariawan. Semoga dapat bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar