Total Tayangan Halaman

Sabtu, 03 September 2011

Pohon Kurma Bisa Berbuah

Siapa yang tidak mengenal kurma? Buah yang biasanya banyak di bulan Ramadhan ini merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di daerah Arab. Kurma identik dengan Arab. Padahal sekarang kurma juga banyak dibudidayakan di negara-negara non Arab-Afrika. Di Benua Amerika, kurma juga sudah dibudidayakan.

Bagaimana dengan di Indonesia. Meskipun kurma belum dibudidayakan di Indonesia, tetapi pohon kurma sudah banyak menyebar ke pelososk tanah air. Biasanya pohon kurma tumbuh dari biji yang dibuang begitu saja. Kurma bisa tumbuh dengan baik di daerah yang banyak terkena sinar matahari.

Di Kampung Pasirmalang Desa Lemah Subur Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Jawa Barat misalnya, Saya menemukan pohon kurma yang sudah mulai berbuah. Tingginya sekitar 5 meter. Pohon yang usianya sekitar 12 tahun tersebut mengeluarkan tiga tandan buah kurma. Ukurannya relatif kecil. Tandan tersebut menurut Ibu Titin, pemilik pohon muali keluar dan mekar sekitar bulan April 2011. Tandan yang pertama nampak buahnya sudah mulai menguning. Sedangkan tandan kedua dan ketiga masih nampak hijau. Dilihat dari jumlah buahnya, tandan ketiga paling banyak. Dari beberapa buah yang saya coba ambil, ternyata tidak ada bijinya.
Tandan Ketiga


Tandan Pertama

Adanya pohon kurma yang berbuah tersebut bagi saya cukup menarik. Menurut literatur yang saya baca, pohon kurma akan berbuah kalau dilakukan penyerbukan silang. Karena ada pohon jantan yang menhasilkan bunga jantan, dan pohon betina yang menghasilkan bunga betina. Sedangkan pohon kurma ini hanya ada satu yang cukup besar. Sedangkan beberapa pohon lainnya masih kecil dan belum menghasilkan bunga. Kok bisa yah?

Apa mungkin serangga melakukan penyerbukan bunga betina pohon kurma dengan serbuk sari bunga jantannya dari bunga pohon kelapa? Sebab tidak jauh dari situ banyak pohon kelapa? Atau satu pohon menghasilkan bunga jantan dan betina? Mungkin pembaca ada yang mengetahui tentang hal ini tolong dikoreksi.

Tapi pada akhirnya, segala sesuatu juga adalah kehendak Allah Yang Maha Kuasa. Tak ada yang mustahil di hadapan Allah.

1 komentar:

  1. Kira kira boleh minta buah kurmanya yg msh mentah ngga yahh, hanya 3 biji saja buat obat.
    no yg bisa dihub. 021-89118929
    dg itus.
    terimakasih

    BalasHapus